Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemuda Muhammadiyah ini mengawal Gerakan Nasional Ayah Hebat. Banyak indikator kegiatan yang bisa dilahirkan dalam Gerakan Nasional Ayah hebat ini. Seperti penguatan keluarga pentingnya kehadiran sosok ayah untuk terlibat dalam memberikan pendidikan secara bersama istri. Kemudian bagaimana sosok ayah juga memperhatikan dan menanamkan nilai-nilai agama kepada keluarga dan anak, kesehatan lingkungan keluarga, dan indikator lain yang bisa menjadikan keluarga sehat dan bahagia.

Aktivitas ini bisa dilakukan secara internal dengan cara memperkuat kapasitas atau pelatihan-pelatihan anggota Pemuda Muhammadiyah dalam menghadirkan sosok ayah dalam keluarga secara baik.Secara eksternal memberika edukasi dan contoh-cotoh dakwah nyata ditengah masyarakat agar peduli dan termotivasi dalam memperkuat institusi keluarga.Kita menyadari bahwa membangun institusi keluarga harus mulai dari rumah dan keluarga terdekat.

Gerakan Ayah Hebat ini merupakan program jangka panjang maka diperlukan model-model yang aplikatif bagi anggota Pemuda Muhammadiyah dalam melaksanakan rogram. Profile ayah hebat yang ditawarkan adalah :

  1. Gerakan Ayah, mendampingi istri memeriksakan kehamilan dan persalinan pada layanan kesehatan;
  2. Gerakan Ayah, mendukung pemberian ASI Eksklusif pada anak;
  3. Gerakan Ayah, memandikan, menyuapi dan menggendong anak;
  4. Gerakan Ayah, berkumpul, bermain, olah raga dan berekreasi bersama anak;
  5. Gerakan Ayah, mendongeng untuk anak;
  6. Gerakan Ayah, mendengarkan suara dan pendapat anak;
  7. Gerakan Ayah, menanamkan nilai karakter dan anti korupsi;
  8. Gerakan Ayah, mendampingi anak mengakses media dan internet;
  9. Gerakan Ayah, mendampingi anak belajar agama dan ibadah;
  10. Gerakan Ayah, mengantar anak ke sekolah;
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here